Aliansi Semarak Menggelar Aksi G30STWK, Merespon Pelemahan KPK

Foto : Mahasiswa bersiap menggelar aksi di depan Alun-Alun Purwokerto Sabtu, (25/09/2021).

Purwokerto, Sabtu (25/09/2021).  Aliansi Semarak Banyumas menggelar aksi G30STWK di Alun-alun purwokerto sebagai respon terhadap upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) khususnya menjelang percepatan pemecatan 56 pegawai yang dinyatakan tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan. Organisasi-organisasi yang tergabung dalam Aliansi Semarak ini adalah BEM UNSOED, BEM FAPET UNSOED, BEM KBMIK, IMM UIN SAIZU, UMP, FMN, HMI MPO, Pondok Berhimpun, dan juga dari Universitas Peradaban. Bagas Adi Kusuma selaku koordinator 1 aksi menuturkan bahwa alasan dari aksi ini adalah agar TWK-nya dicabut, pegawai berintegritas dikembalikan serta nama baiknya diperbaiki lagi.

Foto : Mahasiswa bersiap menggelar aksi di depan Alun-Alun Purwokerto, Sabtu, (25/09/2021).

Massa dengan menggunakan almamater kampus masing-masing berkumpul di PKM Unsoed kemudian pergi bersama-sama menuju Alun-alun Purwokerto, tempat aksi berlangsung.  Dalam aksi mahasiswa dari berbagai organisasi bergiliran menyampaikan orasi. Dalam aksi tersebut setidaknya terdapat 4 poin tuntutan yang ingin disampaikan, diantaranya menuntut ketegasan Jokowi membatalkan percepatan pemecatan 56 Pegawai KPK, menuntut KPK untuk melaksanakan putusan MK, dan rekomendasi Ombudsman dan Komnas HAM, menuntut pencopotan Firli Bahuri dan pimpinan lain yang tidak berintegritas, dan menuntut Jokowi mundur dari jabatanya apabila tidak memenuhi janjinya.

Alasan dipilihnya Alun-alun Purwokerto sebagai tempat aksi karena tempatnya yang strategis dan merupakan sentral kota. “Dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung disana, maka aksi tersebut mendapatkan perhatian masyarakat terhadap adanya isu KPK.” Jelas Bagas ditemui setelah aksi berakhir. Bagas menilai antusiasme massa lumayan baik karena kuantitas massa sudah mendekati harapan, walaupun kurang sedikit dengan estimasi massa yang ditargetkan yaitu 300 orang.

Foto : Salah satu peserta aksi memegang tulisan “Pelan-Pelan Korupsi Merajalela” di Aksi G30STWK Sabtu, (25/09/2021).

Bagas juga menjelaskan akan ada aksi nasional diantaranya guna menyuarakan poin-poin tuntutan tersebut. Bagas menuturkan bahwa aksi direncanakan akan dilaksanakan pada pada hari Senin, 27 September 2021 didepan Gedung merah putih KPK. “aksi hari ini (G30STWK) jadi rangkaian untuk menyampaikan keresahan di nasional, dan nanti tanggal 27 juga ada aksi nasional, jadi keberlanjutannya ke nasional” tutur Bagas. Rombongan Banyumas saat aksi nasional nanti akan dikoordinir oleh BEM UNSOED .   

Catatan Redaksi : Berita ini pertama kali diunggah pada tanggal 25 September 2021 di situs web lama LPM Pro Justitia, kemudian diunggah ulang ke situs web ini. Tanggal diunggahnya berita pada situs web ini bukan tanggal sebenarnya berita dikeluarkan.

Reporter : Pratiwi, Fahmi, Rania

Narasi  : Ihsan

Editor : Rania

LPM PRO JUSTITIA

TRANSFORMASI IDE & OBJEKTIFITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.